Selasa, 21 Juli 2009

Kenyamanan Bermain Gitar


Faktor apa yang membuat anda nyaman bermain gitar selain suara yang bagus ?

Pertama, kuku tangan, terutama tangan kiri. Karena beberapa kesibukan, kita sering melupakan pertumbuhan kuku. Sehingga secara tak sadar kita kehilangan kenyamanan bermain gitar. Terutama bagi pemain tipe shredder.

Tips, jangan memotong kuku terlalu pendek. Pemotongan yang terlalu pendek dapat mengakibatkan kulit bagian dalam mengelupas ketika bermain bending. Tentu, permainan gitar malah lebih tidak nyaman akibat kulit mengelupas.

Kedua, strap gitar. Usahakan memakai strap gitar yang lebar dan berbahan kulit. Strap gitar selain kulit biasanya kurang lentur dan terasa panas di pundak.

Ketiga, neck gitar. Leher gitar ini di bagi menjadi radius, ketebalan neck dan bentuk neck. Radius adalah lengkungan pada fingerboard. Semakin kecil radius, maka semakin melengkung bentuk fingerboard itu seperti biola. Ketebalan neck dan bentuk neck adalah sisi ergonomis dari setiap pemain. Ada yang suka tebal, ada yang suka tipis. Biasanya pemain shredder menyukai neck yang tipis dan radius yang besar. Hal ini untuk menunjang kecepatan bermain melodi. Pemain jazz lebih menyukai radius kecil dan neck tebal. hal ini untuk mengutmakan permainan progressive chord.

Keempat, bodi gitar. Bentuk bodi selain membuat kita merasa cinta dengan gitar, juga menentukan seberapa betah kita memegang gitar itu. Gitar yang nyaman di badan biasanya memiliki arm rest atau chest rest yang sesuai dengan proporsi tubuh kita. Yaitu cekungan di bagian belakang dan bagian tumpuan tangan kanan. Model ini pertama kali dikenalkan oleh fender Stratocaster.

Kelima, gabungan neck dan body. Biasa kita sebut skala. Pada umumnya skala gitar ada dua, yaitu 24 3/4 dan 25.5. Gitar Gibson rata -rata memiliki skala 24 3/4. Fender rata - rata memiliki skala 25.5. Semakin kecil skala, semakin empuk.

Keenam, Senar. Semakin besar senar, semakin terasa berat dan semakin membutuhkan ekstra tenaga. Tentu pemilihan senar ini lebih berkaitan dengan karakter sound yang kita inginkan.

Ketujuh, pick atau plektrum. Ketebalan pick juga harus dipertimbangkan. Permainan soft lebih senang pick yang tipis dengan ukuran 0.50 - 0.75. Pemain hard rhythm seperti musik metal lebih suka menggunakan pick tebal 1.00

Kedelapan, warna. Warna gitar yang kita sukai akan menginspirasi imajinasi kita untuk menghasilkan karya yang hebat. Warna adalah bagian dari ekspresi jiwa.

Jadi, kalau anda ingin betah bermain atau belajar gitar, sudah sepatutnya hal di atas menjadi bahan pertimbangan. Tentu saja semua hal di atas tidak bisa didapatkan dalam satu gitar. Kecuali anda harus membuat gitar custom yang segala keinginan tentang gitar impian terwujud dalam satu gitar....

English Version

Tidak ada komentar:

Posting Komentar